Buatlah rangkaian J-K flip flop dan D flip flop seperti pada gambar pada percobaan dengan ketentuan input B0=1, B1=0, B2=1, B3=clock, B4=1, B5=tidak dihubungkan, B6=clock
2. Rangkaian Simulasi[kembali]
3. Video Simulasi[kembali]
4. Prinsip Kerja[kembali]
- Pada D flip flop, Input pada S=0, dan R=1, maka berdasarkan logika RS flip flop, output pada Q akan di set menjadi 1. dan nilai ini tidak berubah walaupun nilai D dan Clock di ubah ubah. sebaliknya saat S=1, dan R=0, maka berdasarkan logika RS flip flop, output pada Q akan di reset menjadi 0. Nilai D baru akan mempengaruhi output jika S=0 & R=0, serta terjadi trigger saat perpindahan clock dari LOW ke HIGH. saat S=1, dan R=1, maka berdasarkan logika RS flip flop, output berada dalam kondisi terlarang.
- Pada JK flip flop, Input pada S=0, dan R=1, maka berdasarkan logika RS flip flop, output pada Q akan di set menjadi 1. dan nilai ini tidak berubah walaupun nilai J,K dan Clock di ubah ubah. sebaliknya saat S=1, dan R=0, maka berdasarkan logika RS flip flop, output pada Q akan di reset menjadi 0. Nilai J dan K baru akan mempengaruhi output jika S=0 & R=0, serta terjadi trigger saat perpindahan clock dari LOW ke HIGH. saat S=1, dan R=1, maka berdasarkan logika RS flip flop, output berada dalam kondisi terlarang. dan saat J=1 dan K=1 flip flop berada dalam kondisi toggle(keadaan berlawanan). setiap terjadi trigger output yang baru merupakan invers dari output yang lama.
5. Link Download[kembali]
Rangkaian Proteus klik disini
Video Simulasi klik disini
Datasheet J-K Flip-Flop klik disini
Datasheet D Flip-Flop klik disini
Datasheet Logicprobe klik disini
Datasheet Switch klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar